Sosialisasi Akuntansi Syariah untuk Rumah Sakit

Laboratorium Lembaga Keuangan Syariah Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya mengadakan Webinar Joint Group Discussion V yang berkolaborasi bersama IAI KAPd dan IAI KASy dengan tema “Entitas Pelaporan, Bentuk Unsur-unsur dan Penyajian Laporan Keuangan”. Acara yang diadakan Sabtu tanggal 24 April 2021 pukul 07.30-selesai, ini menghadirkan salah satunya ketua DPN FORDEBI, Dr. Aji Dedi Mulawarman. Lebih dari 90 peserta hadir secara daring di kegiatan ini.

Prof. Iwan Triyuwono, Koordinator Forum Keilmuan bidang Akuntansi Syariah di IAI KAPd, yang juga Dewan Pembina FORDEBI, menjelaskan bahwa acara ini seharusnya menjadi pemicu breakthrough yang mendasarkan ilmu pengetahuan pada iman- inna llillahi wa inna ilaihi rojiun.

Topik yang menjadi bahasan adalah Entitas Pelaporan, Bentuk Unsur-unsur dan Penyajian Laporan Keuangan. Dalam pembahasannya Dr. Aji Dedi Mulawarman menjelaskan bagaimana FORDEBI dan Majelis Upaya Kesehatan Islam Seluruh Indonesia (MUKISI) telah bersama mendesain Akuntansi Syariah untuk RS. Proses perancangan ini memakan waktu lebih kurang 2 (dua) tahun yang dalam diskusinya melibatkan berbagai stakeholder: alim ulama, pengelola RS, auditor, dan bahkan regulasi (MUI). Pihak IAI (Semarang, Surabaya, Malang Raya) telah pula diundang untuk mendengarkan pemaparan akuntansi syariah untuk RS (FORDEBI-MUKISI). Akuntansi Syariah karya FORDEBI-MUKISI ini adalah turunan dari Konsep Semesta Sejahtera yang juga membutuhkan lebih dari 2 tahun untuk digagas.

 

Materi yang disampaikan Dr. Aji Dedi Mulawarman dapat dunduh pada tautan ini (Materi Dr. Aji Dedi Mulawarman).

Leave a Reply